moon

The Moon

Mar 31, 2023

Awalnya Memang Kecewa Banget. Tapi...

Lagi ramai nih perbincangan tentang sesuatu peristiwa yang dianggap sebagian orang itu kegagalan dan kemunduran yang amat sangat di mata dunia. Peserta yg harusnya ikut jadi di black list ga boleh ikutan. Aku ga mau lah nyebutin peristiwa apa yang terjadi itu, nda mau dianggap ikut ikutan. Hanya mau sharing karena pagi tadi tiba tiba teringat hal yg aku alamin dulu. Yaitu ga siap menerima kegagalan.

Iya sih, memang suka gitu yah. Udah siap menghadapi segala sesuatu tapi kita ga siap untuk menghadapi kegagalan. Tapi tau ga sih, itu ada campur tangan Allah dan pasti ada hikmahnya di balik semua itu. Hikmah yang nantinya akan kita sadari dan syukuri pastinya.

Emang, ngomong sih gampang yah. Bentar dulu. Ini dia yg mau aku sharing. Insight yg tadi pagi muncul kayak buble lampu muncul di atas kepala. Ting.

Jadi, waktu itu aku baru lulus SMP Negeri ngincer masuk SMK negeri. Jaraknya dari rumah lumayan untuk ukuran anak umur 14 tahun, yaitu kisaran 11 km ke SMK Negeri ituh. Jaman dulu mah guru asal sekolah yg ngurusin yah, dokumentasi dan segala macemnya, jadi kita tinggal dateng aja ke sekolah yg di mau dan ikut tes ini itu.

Jadi lah semangat ye kan. Dateng hari pertama, naik angkot, ketemu calon siswa lain jadi temen baru atau gacoan baru (ehm). Tes ini dan itu. Lupa yah, tes nya apa aja. Ada tes tulisan dan tes kesehatan gitu pokoknya, lari lari keliling lapangan. Dilakuin selama 3 hari, Senin sampai Rabu. Nah, Jum'at nya pengumuman siswa yg lolos. Aku dateng sama bokap. PD dun, wong pas njalanin tes nda ada kesulitan apa apa kok. Lihat di papan pengumuman dan ternyata oh ternyata, aku ga lulus guys. Fakta lain yg aku langsung temui di tempat adalah bahwa calon siswa asal kota lain ada batas nilai NEM nya. Sekolah yg aku mau itu masuk daerah Jakarta sementara aku dari Tangerang. Bates NEM masuk dari kota lain itu 40. Aku 38. Beneran tenggorokan tu kayak langsung disodok sama pengki. Jadi selama 3 hari itu aku cuma lenong yg ngeramein tes aja. Huahh. Tapi ga tau juga sih yah, mungkin juga yg NEM 40 ke bawah itu jadi cadangan. Yah, pokoknya gitulah. Langsung Zonk mode : ON

Udah aja bokap aku tarik minta langsung pulang. Sempet papasan sama gacoan yg udah sumringah banget pertanda dia pasti lolos masuk, aku cuma ngegeleng dan terus jalan cepet sama bokap ke parkiran. Sepanjang jalan pulang di 11 Km itu (boncengan motor ma bokap) air mata ga berhenti keluar. Sampe rumah langsung masuk kamar. Bener bener zonk. Dokumen yg tadi sempet dibalikin dari sana pelan pelan aku sobekin semua satu satu sampe jadi remah. Masih kayak zonk tuh. Lama. Aku inget banget akhirnya bokap masuk dan meluk aku tapi ga ngomong apa apa. Mungkin juga dia bingung mo ngomong apa atau kaget juga ngeliat aku baru bersikap begitu yg ga siap banget nerima kegagalan. Atau bisa juga dia ngerasa percuma kalo ngomong, ga  kedengeran, wong aku langsung nangis histeris pas dipeluk. Haha.

Besoknya langsung cari sekolah lain (dengan mata bengkak tentunya) karena seninnya udah mulai awal tahun pelajaran. Aku nda ada back up sekolah lain guys dan  ga ada pilihan selain masuk swasta. Ah, swasta. SD SMP bangga bisa masuk negeri, SMK kok ya swasta. Ya udah lah.  Sekolah swasta pertama disamperin udah penuh. Dan Alhamdulillah sekolah swasta yang kedua masih terima murid. Sekolah yang ga pernah aku sangka bakalan jadi murid di situ. Jaraknya cuma 2 Km dari rumah aku. Haha, berkali kali lipat yee. Dan banyak yg bilang itu sekolah kampung. Hmmm. Well, lets see then.

Dan inilah hikmah yg aku dapet dari ditolaknya dari sekolah negeri itu : Aku dapet beasiswa mulai di semester ke dua karena nilai rata rata aku tertinggi di 1 angkatan. Kalau pulang sekolah, bisa kongkow kongkow dulu bentar sama temen2, atau belajar dan main bareng di rumah temen ga khawatir pulang kemaleman karena jarak yg deket. Aku juga depet temen temen yang luaaar biasa baik, royal dan setia kawan (juga gacoan gacoan yg ngegemesin. *plak)

Jadi, sungguh Allah Maha Tahu lah. Dari semua yg terjadi, Allah yg paling tau kesanggupan hamba-Nya sampai mana. Jadi its ok banget kalo mengalami kegagalan. Ga ada gunanya nyalah nyalahin orang lain atau keadaan. Secara, itu semua adalah ketentuan Allah, guys. Dzat yg menciptakan semua seisi dunia dan di luar dunia inih. Pasti ada sesuatu dibalik peristiwa itu semua.

Iyah, aku tau. Susah emang nerima kegagalan ituh. Wajar. Tapi setelah memproses itu semua, coba deh segeralah balik ke Allah atau kepercayaan kalian masing masing. Percaya sama Dia, bahwa yg kita alami ini adalah yg terbaik untuk kita.

Coba deh duduk bentar, sadari napas, lalu renungi hal hal kemarin yg ga sesuai sama keinginan kamu itu diganti hal yg bagus atau nda. Seperti, ga jadian sama gacoan, telat karena hujan atau karena nungguin orang, pengen teraweh eh pulang kerja macet jadi ga bisa teraweh. Ada lah, pasti, aku yakin, ada hikmah dibalik itu semua. Ga jadian sama gacoan, berarti ada yg lebih baik lagi buat kamu atau ada hal lain yg mesti kamu selesaikan sebelum menghabiskan waktu kamu sebagai istri. Telat ke acara karena sesuatu, bisa jadi acara yg mau kamu hadiri itu juga ngaret. Ga keburu teraweh, magribnya kamu keluar mens atau harus jagain ponakan dulu bentar karena ibu nya mau makan dan ayahnya belum pulang kerja. Hahaa, iyah, ini semua pengalaman aku dan masih banyak lagi yg kayak gitu kalo mo direnungin lagi.

Dan di peristiwa yg lagi rame inih, kantor tempat aku kerja juga ikut kena imbasnya loh, karena kami ada ikutan proyek di acara ituh. Karena gagal, ya, proyek kami jadinya juga dibatalin. Dari saat mulai ricuh penolakan, aku udah woles. Yakin,  pasti semua akan baik baik aja.

Allah itu sayang sama hamba-Nya. Just dont forget that fact. Remember always. Allah loves you, no matter what. Just believe.

No comments:

Post a Comment